HARI/TANGGAL : Sabtu / 29 Agustus 2020
Seorang
pelajar hendaknya mempunyai kesetiaan terhadap tugasnya sebagai pelajar.
Kesetiaan disini maksudnya adalah taat terhadap tugas yang diemban. Kesetiaan
menurut KBBI adalah berpegang teguh pada janji, pendirian, patuh, taat terhadp
tugas yang harus dijalankannya. Jadi, kesetiaan pada tugas adalah komitmen diri
atau tekad/janji pribadi untuk tekun mengerjakan tugas yang menjadi kewajiban
kita walaupun berat namun tetap menjalankannya dengan sebaik-baiknya, tulus,
optimal dan totalitas.
Cara-cara yang perlu dilakukan
untuk meningkatkan kesetiaan terhadap tugas adalah sebagai berikut:
1.
bekerja keras sesuai skala prioritas
2. teguh
pada pendirian (tidak mau diganggu oleh keinginan sesaat)
3. tidak
mudah terpengaruh/godaan untuk meninggalkan tugas
4. yakin
akan kemampuan diri sendiri
5.
berdaya juang keras dan pantang menyerah sebelum tugas tuntas
6.
mandiri dan tidak mengeluh meski menghadapi kesulitan dalam tugas
Pentingnya
kesetiaan terhadap tugas dan tanggung jawab sebagai pelajar adalah dengan kita
setia pada tugas kita, maka kita akan dapat mengerjakan tuntas tugas-tugas
dengan baik. Sebagai contoh seorang siswa yang diberikan tugas/PR daru guru,
lalu ada teman yang mengajak untuk bermain, maka siswa menolak ajakan itu katena
ia berfikir bahwa tugas yang diberikan guru harus diselesaikan terlebih dahulu
dengan baik. Kewajiban seorang pelajar adalah belajar, oleh karena itu seorang
pelajar harus taat dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan
guru-guru di sekolah. Adapun yang dimaksud dengan tugas sekolah adalah sesuatu
yang harus dikerjakan oleh seorang siswa atas perintah dari guru yang mengajar
sebuah bidang studi. Tugas sekolah bisa berbentuk sendiri-sendiri ada juga yang
harus dikerjakan secara berkelompok. Tugas yang secara berkelompok ini disebut
dengan Tugas Kelompok. Jadi tugas kelompok harus dikerjakan secara
bersama-sama. Jika tugas yang diberikan ini berupa sendiri-sendiri maka
penanggung jawabnya juga sendiri-sendiri. Lain halnya dengan tugas kelompok, yang
menjadi penanggung jawabnya adalah ketua kelompok yang ditunjuk secara
musyawarah dan mufakat.
Tujuan dari tugas sekolah adalah
sebagai berikut :
1. agar
siswa tetap belajar di rumah
2.
mengulas kembali materi yang sudah dibahas disekolah
3. agar
siswa terbiasa membaca
4.
mekatih siswa agar memiliki rasa tanggung jawab
Manfaat Dari Tugas Sekolah atau Pekerjaan Rumah
Tugas Sekolah atau Pekerjaan rumah yang diberikan guru adalah untuk membangun inisiatif dan kreatif siswa. Guru menetapkan tugas sekolah yang harus dikerjakan oleh siswa di rumah. Tugas harus bisa melatih rasa tanggung jawab anak dengan menyelesaikan tugas sekolah mereka. Anak-anak yang memiliki rasa tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas sekolahnya tersebut, dan akan memenuhi kewajibannya sebagai siswa disaat mereka menyelesaikannya. Manfaat lain dari Tugas Sekolah ini adalah bahwa siswa dilatih untuk mengembangkan manajemen waktu. Jadi dengan adanya tugas sekolah ini, mereka akan mulai membagi waktu untuk belajar dan bermain, sehingga mereka bisa menyelesaikan tugas sekolahnya sesuai dengan jadwal yang telah mereka buat sendiri. Disamping itu; mereka juga belajar untuk melakukan segala sesuatunya secara mandiri. Mereka bisa mengatur waktu serta menyelesaikan pekerjaan rumah secara mandiri. Tugas Sekolah dalam hal ini mendorong disiplin diri pada siswa.
Dangan
adanya Pekerjaan rumah (Tugas Sekolah) akan meningkatkan ketertarikan serta
kepercayaan dalam diri siswa. Guru memberikan apresiasi atas pekerjaan yang
siswa lakukan. Dengan Komentar positif guru bisa meningkatkan motivasi belajar pada
anak didik untuk lebih giat lagi dalam belajar. Begitu Siswa itu
sendiri, mereka akan bersemangat belajar dengan mengikuti instruksi dari guru
dan berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikan Tugas-tugas yang dibebankan
kepada mereka sampai berhasil. Tugas Sekolah yang secara bertahap
meningkat, dengan demikian akan dapat meningkatkan prestasi akademik.
Tugas Sekolah juga akan membantu dalam pengembangan sikap dalam
mengeksplorasi kegiatan belajar. Maka hal tersebut meningkatkan hasil akademis
anak didik.
Pekerjaan rumah bukanlah suatu hukuman. Jumlah pekerjaan rumah yang diberikan
secara tepat kepada siswa akan terasa manfaatnya. Hal ini tidak baik bagi
anak-anak dengan beban pekerjaan rumah yang begitu banyaknya dan berlebihan.
Pekerjaan rumah harus proporsional sesuai dengan usia dan kemampuan mental. Tugas
Sekolah bukanlah suatu hukuman. Banyaknya Tugas Sekolah yang diberikan kepada
siswa secara tepat akan terasa manfaatnya.
REFLEKSI DIRI
Skala
tilik diri (self Assessment Scale)
Berikut
ini disajikan beberapa item pertanyaan. Bacalah dengan teliti dan berilah tanda
ceklist (√) pada alternatif jawaban yang
sesuai dengan keadaan dirimu.
Keterangan:
SS = sangat setuju, S = setuju, KS = kurang setuju, TS = tidak setuju
NO |
PERTANYAAN |
ALTERNATIF
JAWABAN |
|||
SS |
S |
KS |
TS |
||
1 |
Saya
mengerjakan tugas sekolah dengan sungguh-sungguh |
|
|
|
|
2 |
Saya
menolak ajakan teman untuk bermain apabila saya sedang mengerjakan PR |
|
|
|
|
3 |
Saya
ikut-ikutan teman yang membolos |
|
|
|
|
4 |
Saya
malas mengerjakan PR yang diberikan oleh guru |
|
|
|
|
5 |
Saya pernah berusaha menghindar untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar selama home learning |
|
|
|
|
6 |
Jika
nilai saya kurang memuaskan maka saya terus berusaha belajar agar mendapatkan
nilai yang memuaskan |
|
|
|
|
7 |
Saya
senang menolong teman yang sedang kesusahan |
|
|
|
|
8 |
Saya
mentaati tata tertib sekolah |
|
|
|
|
9 |
Motivasi belajar saya menurun selama kegiatan daring |
|
|
|
|
10 |
Saya
berpura-pura ada keperluan untuk menghindari kegiatan ekstrakulikuler / piket kelas dan piket osis |
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar