HARI/TANGGAL : Jum'at / 20 Maret 2020
Sabtu / 21 Maret 2020
Materi : Mematuhi Tata Tertib Sekolah
Kelas : VIIA, VIIB, VIIC, VIID, VIIE, VIIF
Sekolah : SMP Negeri 2 Sragi
Sekolah : SMP Negeri 2 Sragi
MATERI
MENTAATI PERATURAN SEKOLAH
A. Pengertian Peraturan
Peraturan adalah kesepakatan yang dibuat oleh perorangan maupun
kelompok agar tercipta keamanan, ketertiban dan keteraturan dalam masyarakat, Dalam
kehidupan sehari-hari terdapat bermacam-macam kepentingan dalam setiap individu
diperlukan petunjuk hidup yang konkret dalam masyarakat. Selain adanya
kebiasaan adat istiadat dan norma dalam
masyarakat dibuatlah
suatu aturan yang disepakati dan ditaati oleh masyarakat itu sendiri.Aturan
tersebut yang sering disebut peraturan. Peraturan adalah perangkat yang berisi
sejumlah aturan yang dibuat untuk menegakkan ketertiban dalam masyarakat.
Peraturan diciptakan untuk mengatur perilaku dan hubungan antar anggota
kelompok. Peraturan bisa berupa tertulis maupun tidak tertulis.
Peraturan merupakan sebuah kebutuhan untuk menciptakan
keteraturan hidup bersama.Keteraturan itu haruslah demi terciptanya keadilan,
kedamaian, dan kebaikan bersama.Peraturan pada hakikatnya adalah tatanan,
petunjuk atau kaidah yang dibuat untuk mengatur perilaku manusia agar tercipta
kebaikan bersama. Peraturan yang baik harus, memenuhi persyaratan sebagai
berikut;
- Bertujuan
mewujudkan keteraturan hidup bersama.
- Memerhatikan
kebutuhan dan norma-norma masyarakat.
- Dilandasi
prinsip keadilan, perdamaian, dan kebaikan bersama.
- Proses
penyusunannya berlangsung secara demokratis
B. Peraturan sekolah
Peraturan sekolah merupakan suatu hal mutlak yang harus
dipenuhi oleh semua siswa disekolah.Peraturan tersebut biasanya dibuat secara
tertulis maupun tidak tertulis. Didalam kehidupan sehari-hari,banyak orang yang
menyangkut pautkan suatu peraturan dengan disiplin,ketertiban,pelanggaran dan
hukuman. Semua hal tersebut sering kali kita dengar dan selalu berkaitan dengan
peraturan,baik peraturan disekolah,maupun peraturan dimana saja.suatu peraturan
dibuat pastinya untuk membuat seseorang menjadi lebih baik daripada sebelumnya.
Disiplin sekolah merupakan keseluruhan ukuran bagi
tindakan-tindakan yang menjamin kondisi-kondisi moral yang diperlukan,sehingga
proses pendidikan berjalan lancar dan tidak terganggu.Namun di zaman
sekarang,ketertiban siswa sering kita dengar sebagai suatu masalah disebuah
sekolah,apalagi pada jenjang sekolah menengah yang siswa-siswanya
beranjakremaja yang sedang mencari jati diri pribadinya dimana siswa sering
melakukan pelanggaran sekolah. Inilah salah satu contoh bentuk moralitas
masyarakat Indonesia yang tidak menjunjung tinggi nilai-nilai kedisiplinan,dan
ketertiban. yang mereka sering lakukan hanyalah pelanggaran yang pada akhirnya
hanya berbuah hukuman.
Agar sekolah lebih baik,maka sekolah secara umum perlu
dibentuk Tim Ketertiban Sekolah untuk memantau apakah aturan-aturan disekolah
berjalan dengan baik. Supaya ketertiban di sekolah dapat berjalan dengan baik.Kadang
kala ada siswa yang dengan sengaja melanggar peraturan sekolah, rasa ingin
dianggap sebagai pemberani biasanya yang melatarbelakangi siswa melakukan
pelaggaran.Tindakan tegas perlu diambil untuk menegakkan peraturan disekolah.
C.
Penyesuaian Diri
Siswa yang baru saja masuk SMP butuh
waktu dan kesiapan diri untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan
sekolah.Peraturan atau tata tertib di SD
berbeda dengan peraturan atau tata tertib di SMP. Oleh karena itu diperlukan
bantuan semua pihak yang ada di sekolah untuk dapat membantu peserta didik
dalam proses penyesuaian diri.
Secara
keseluruhan kepribadian mempunyai fungsi sebagai penentu primer terhadap
penyesuaian diri. Penentu berarti faktor yang mendukung, mempengaruhi, atau
menimbulkan efek pada proses penyesuaian. Secara sekunder proses penyesuaian
ditentukan oleh faktor-faktor yang menentukan kepribadian itu sendiri baik
internal maupun eksternal. Penentu penyesuaian identik dengan faktor-faktor
yang mengatur perkembangan dan terbentuknya pribadi secara bartahap.
Penentu-penentu itu dapat dikelompokkan sebagai berikut:
1. Kondisi Jasmaniah
Kondisi jasmaniah seperti pembawaan dan
struktur/konstitusi fisik dan temperamen sebagai disposisi yang diwariskan,
aspek perkembangannya secara instrinsik bekaitan erat dengan susunan/konstitusi
tubuh.Shekdon mengemukakan bahwa terdapat korelasi yang tinggi antara tipe-tipe
bentuk tubuh dan tipe-tipe temperamen (Moh.Surya, 1977). Misalnya orang yang
tergolong ektomorf yaitu yang ototnya lemah, tubuhnya rapuh, ditandai dengan
sifat-sifat menahan diri, segan dalam aktifitas sosial, pemalu, dan sebagainya.
Karena struktur jasmaniah merupakan
kondisi primer bagi tingkah laku maka dapat diperkirakan bahwa system saraf,
kelenjar, dan otot merupakan faktor yang penting bagi proses penyesuaian diri.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa gangguan-gangguan dalam system saraf,
kelenjar, dan otot dapat menimbulkan gejala-gejala gangguan mental, tingkah
laku, dan kepribadian.Dengan demikian, kondisi sistem-sistem tubuh yang baik
merupakan syarat bagi tercapainya proses penyesuaian diri yang baik.
2. Perkembangan, Kematangan dan
Penyesuaian Diri
Dalam proses perkembangan, respon anak
berkembang dari respon yang bersifat instinktif menjadi respon yang diperoleh
melalui belajar dan pengalaman. Dengan bertambahnya usia perubahan dan
perkembangan respon, tidak hanya melalui proses belajar saja melainkan anak
juga menjadi matang untuk melakukan respon dan ini menentukan pola-pola
penyesuaian dirinya.
Sesuai dengan hukum perkembangan,
tingkat kematangan yang dicapai berbeda antara individu yang satu dengan yang
lainnya, sehingga pencapaian pola-pola penyesuaian diri pun berbeda pula secara
individual. Dengan kata lain, pola penyesuaian diri akan bervariasi sesuai
dengan tingkat perkembangan dan kematangan yang dicapainya. Disamping itu,
hubungan antara penyesuaian dengan perkembangan dapat berbeda menurut jenis
aspek perkembangan yang dicapai.Kondisi-kondisi perkembangan mempengaruhi
setiap aspek kepribadian seperti emosional, sosial, moral, keagamaan dan
intelektual.
3. Penentu Psikologis terhadap
Penyesuaian diri
a. Pengalaman
Tidak
semua pengalaman mempunyai arti bagi penyesuaian diri.Pengalaman-pengalaman
tertentu yang mempunyai arti dalam penyesuaian diri adalah pengalaman yang
menyenangkan dan pengalaman traumatik (menyusahkan).
b. Belajar
Proses belajar merupakan suatu
dasar yang fundamental dalam proses penyesuaian diri, karena melalui belajar
ini akan berkembang pola-pola respon yang akan membentuk kepribadian.
c.
Determinasi Diri
Dalam
proses penyesuaian diri, disamping ditentukan oleh faktor-faktor tersebut
diatas, manusia itu sendiri menentukan dirinya, terdapat faktor kekuatan yang
mendorong untuk mencapai sesuatu yang baik atau buruk, untuk mencapai taraf
penyesuaian yang tinggi, dan atau merusak diri. Faktor-faktor itulah yang
disebut determinasi diri.
d. Konflik dan Penyesuaian
Ada
beberapa pandangan bahwa semua konflik bersifat mengganggu atau
merugikan.Sebenarnya, beberapa konflik dapat bermanfaat memotivasi seseorang
untuk meningkatkan kegiatan.
e. Lingkungan Sebagai Penentu
Penyesuaian Diri
Berbagai
lingkungan anak seperti keluarga dan pola hubungan didalamnya, sekolah,
masyarakat, kultur dan agama berpengaruh terhadap penyesuaian diri anak.
4. Pengaruh rumah dan keluarga.
Dari
sekian banyak faktor yang mengondisikan penyesuaian diri, faktor rumah dan
keluarga merupakan faktor yang sangat penting, karena keluarga merupakan satuan
kelompok sosial terkecil.Interaksi sosial yang pertama diperoleh individu
adalah dalam keluarga. Kemampuan interaksi sosial ini kemudian akan
dikembangkan di masyarakat.
5. Hubungan Orang Tua dan Anak
Pola
hubungan antara orang tua dengan anak akan mempunyai pengaruh terhadap proses
penyesuaian diri anak. Beberapa pola hubungan yang dapat mempengaruhi
penyesuaian diri antara lain :
a)
Menerima (acceptance).
b)
Menghukum dan disiplin yang berlebihan.
c)
Memanjakan dan melindungi anak secara berlebihan.
d)
Penolakan.
e)
Hubungan saudara
Suasana
hubungan saudara yang penuh persahabatan, kooperatif, saling menghormati, penuh
kasih sayang, mempunyai kemungkinan yang lebih besar untuk tercapainya
penyesuaian yang lebih baik.Sebaliknya suasana permusuhan, perselisihan, iri
hati, kebencian, dan sebagainya dapat menimbulkan kesulitan dan kegagalan
penyesuaian diri.
6. Masyarakat
Keadaan
lingkungan masyarakat dimana individu berada merupakan kondisi yang menentukan
proses dan pola-pola penyesuaian diri. Kondisi studi menunjukkan bahwa banyak
gejala tingkah laku salah bersumber dari keadaan masyarakat.Pergaulan yang
salah di kalangan remaja dapat mempengaruhi pola-pola penyesuaian dirinya.
7. Sekolah
Sekolah mempunyai peranan sebagai media
untuk mempengaruhi kehidupan intelektual, sosial dan moral para siswa. Suasana
di sekolah baik sosial maupun psikologis menentukan proses dan pola penyesuaian
diri. Disamping itu, hasil pendidikan yang diterima anak disekolah akan
merupakan bekal bagi proses penyesuaian diri di masyarakat. (YUN)
Cerita
Rita adalah
murid baru di SMP Ibu Pertiwi.Sekarang ini Rita duduk di kelas VII A. Di dalam
kelas Rita duduk sebangku dengan Maya. Mereka berdua teman sekelas waktu duduk
di bangku Sekolah dasar dan kebetulan mereka bertemu di sekolah yang sama.
Pembelajaran
di SMP sudah berjalan sebulan lamanya, Dalam waktu sebulan itu mereka berdua
harus sudah mulai menyesuaikan diri dengan segala peraturan di lingkungan
sekolah yang baru.Rita dan Maya sudah mulai mengenal teman –teman di kelas
lainnya.Mereka juga sudah bisa mengenali ruangan – ruangan dan fungsinya yang
ada di lingkungan sekolah.
Beberapa
hari terakhir ini mereka berdua terlihat sering keluar kelas setiap pergantian
jam pelajaran. Apabila ditanya oleh
ketua kelas mereka selalu menjawab ingin ke kamar mandi. Bahkan hari ini mereka
berdua tidak berada di kelas ketika pelajaran matematika. Pak Hari guru
Matematika menanyakan keberadaan mereka.Semua temannya tidak ada yang tahu
mereka kemana. Akhirnya Pak Hari meminta ketua kelas untuk mencari mereka. Rio
sang ketua kelas menemukan mereka sedang asyik ngobrol di kantin. Lalu Rio
mengajak mereka untuk kembali masuk ke kelas. Namun mereka justru marah kepada
Rio dan mengejek kata-kata yang tidak sopan. Mengetahui hal itu Pak Hari langsung melerai mereka dan mengajak
mereka bertiga untuk menyelesaikan masalah di ruang BK.
Setelah dilakukan
kongseling dengan guru BK diketahui bahwa mereka sering keluar kelas hanya
ingin berjalan-jalan di lingkungan sekolah. Tentu saja perbuatan mereka ini
tidak dibenarkan, karena mereka melanggar peraturan sekolah. Mereka seharusnya
tetap berada di dalam kelas selama jam pelajaran berlangsung. Mereka juga harus
bisa menyesuaikan diri dengan peratuan bahwa di SMP itu berbeda dengan di SD.
Kalau di SD mereka hanya bertemu dengan satu guru, tetapi di SMP setiap mata
pelajaran gurunya berbeda. Untuk itu semua siswa yang masuk ke SMP harus sudah siap menyesuaikan
diri dengan segala peraturan yang ada di SMP.
Refleksi Diri
1.
Sebagai teman yang baik apa yang sebaiknya kamu lakukan
bila melihat temanmu meninggalkan jam pelajaran tanpa izin terlebih dulu kepada
guru?
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
Alasannya
.....................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
2. Jika
kamu jadi Rio apa yang harus kamu lakukan?
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
Alasannya
.....................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
3. Apa
yang sebaiknya dilakukan Rita dan Maya supaya bisa menyesuaikan diri di
lingkungan sekolah?
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
Alasannya
.....................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
4. Dengan
membaca cerita di atas, apakah kamu merasa kesulitan untuk melakukan
penyesuaian diri di lingkungan sekolah?
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
Alasannya
.....................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
5.
Apa yang harus kamu lakukan supaya tidak terjadi
kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan peratuan sekolah di SMP?
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
Alasannya
.....................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
Tagihan
1. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan peraturan!
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Apakah
kegunaan dari peraturan!
.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3. Apakah
hakikat dari peraturan?
.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4. Sebutkan
syarat-syarat peraturan yang baik!
.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan peraturan sekolah!
.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
6. Sebutkan
dua macam peraturan sekolah!
.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
7. Berilah
contoh peraturan tertulis di sekolah?
.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
8. Berilah
contoh peraturan tidak tertulis di sekolah!
.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
9. Bagaimana
caranya supaya peraturan sekolah bisa ditegakkan?
.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
10. Sebutkan
faktor-faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri siswa?
.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Nama:MUHAMAD JEFRI MAULANA
BalasHapusKelas:VII D
Nama: Septian Dwi Cahyo
BalasHapusKelas:VII D
Nama: Ilham Ramdani
BalasHapusKelas:VII B
Rani triansah
BalasHapusKelas:Vll D
Nama:Lilis yulianti
BalasHapusKelas:VII D
Nama:Lilis yulianti
BalasHapusKelas:VII D
Nama :nuraini
BalasHapusKelas:VIID
Nama:NovanDikaRizkiPratama
BalasHapusKelas:VII.D
Nama: ilham Jorji. P
BalasHapusKelas: 7D
Nama:REVALDO PURNAMA PUTRA
BalasHapusKELAS:7D
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama:salwa nur azizah
BalasHapusKelas:VIIE
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama: Syafa Naza Khairunnisa
BalasHapusKelas:7E
Nama: Anggun Desmahazah
BalasHapusKelas: VIIB
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNAMA:KEYSA AULIAN AS'YA PUTRI
BalasHapusKELAS:VIIE
Nama:Rika Diah Rahmadani
BalasHapuskelas:VII B
Nama:Rika Diah Rahmadani
BalasHapuskelas:VII B
Nama:Rika Diah Rahmadani
BalasHapuskelas:VII B
Nama:Naela kurnia wati
BalasHapusKelas:VII E
Nama:Naela kurnia wati
BalasHapusKelas:VII E
Nama:Putri Manda Fabian
BalasHapusKelas:VII B
Nama:Herna Nur sucika
BalasHapusKelas:7E
Nama:Salamah
BalasHapusKelas:7E
Nama:Alpina Damayanti
BalasHapusKelas:7E
Nama:Dessy Nurmaya
BalasHapusKelas:7E
Nama:Herna nur sucika
BalasHapusKelas:7E
Nama:Nur Fadilah
BalasHapusKelas:7E
Nama:Nur Fadilah
BalasHapusKelas:7E